Archive | October, 2011

Mahasiswa Yang Kreatif ?

11 Oct

Mahasiswa adalah tahap dimana kita sebagai remaja dapat mengembangkan kreatifitas kita. Hal ini disebabkan oleh pada saat remaja sel-sel otak berkembang sangat cepat dan banyak. Di tahap ini juga kita mulai menjadi seorang yang dewasa. Hal-hal yang dilakukan oleh mahasiswa tidak lagi seperti anak SMA, namun pada jaman sekarang, cukup banyak orang yang kurang bersikap dewasa, khususnya di Indonesia, bukannya mementingkan kreatifitas dan inovasi, para mahasiswa Indonesia kebanyakan hanya membuat kerusuhan saja. Berarti ada yang salah dengan sistem pendidikan di Indonesia, seorang Remaja atau Mahasiswa di Indonesia harusnya sudah bisa berkreatifitas lebih dan berinovasi sehingga negara Indonesia dapat terus maju.

Banyak cara berkreatifitas dan berinovasi sebagai mahasiswa. Salah satunya adalah dengan mencoba berbisnis, membuat sesuatu yang baru dan inovatif, sehingga dapat dijual. Apalagi dengan adanya Internet yang sangat membantu penyebaran informasi, sehingga para Mahasiswa dapat lebih berkreatifitas dan berinovasi.

Banyak sekali hal yang menghambat kreatifitas para Mahasiswa, menurut saya hal utama yang menghambat adalah kemalasan. Malas telah menjadi budaya bagi Mahasiswa Indonesia. Kebanyakan dari mereka malas untuk belajar, dan hal inilah yang menghambat kekreatifitasan dan keinginan berinovasi mereka. Kebanyakan dari mereka memilih untuk hidup statis, tanpa ada perubahan ataupun peningkatan hidup. Padahal untuk dapat menjadi Mahasiswa yang kreatif dan inovatif, kita harys memulainya dengan niat yang kuat untuk mau belajar keras, sehingga kita mendapatkan ilmu yang banyak juga. Dengan bekal Ilmu tersebutlah baru kita bisa mengembangkan kemampuan berkreatif dan berinovatif kita. Dengan bekal ilmu, kita mendapatkan informasi-informasi yang kita butuhkan dalam berkarya.

Untuk mengatasi hal tersebut, yaitu “kemalasan”, kita harus mulai bergerak dan berniat, untuk tidak lagi bermalas-malasan. Dan mulai mencari informasi dalam rangka mengasah kemampuan kita berkarya. Kita harus banyak belajar dari orang yang lebih dulu sukes berkreasi. Menurut saya, di negara Indonesia harus lebih banyak pembenahan dalam peristiwa pembelajaran. Ilmu kretifitas harus ditanamkan sejak dini, harusnya sekolah-sekolah dasar di Indonesia sudah menerapkan sistem pembelajaran yang vokal dan praktis, Sehingga saat mereka sudah mahasiswa, mereka telah terbiasa berkreatifitas, karena telah ditanamkan sejak dini. Sebenarnya tidak salah juga apabila kita mengimitasi sistem pembelajaran di barat yang lebih mementingkan soft skill daripada hard skill, kita harus dapat mengimitasinya agar dapat berinovasi menciptakan sistem pembelajaran yang seimbang antara hard skill dengan soft skill, karena para orang Indonesia hanya terbiasa dengan hard skill, sehingga kurang baik disaat diajak berkomunikasi, dan berkreasi.

Maka dari itu, kreatifitas dan sikap untuk berinovasi, hanya dapat ditumbuhkan dengan sikap rajin dan niat, untuk belajar dan menyaring semua informasi, sehingga dapat menggenerasikan pemikiran-pemikiran yang inovatif dan kreatif.

Rajasa Herpatria ?

11 Oct

Tidak banyak orang yang mengetahui apa arti dari nama yang mereka miliki..

Begitu juga dengan saya. Saya tahu jelas nama saya adalah “Rajasa Herpatria”, tetapi saya tidak mengetahui arti dari nama tersebut. Walaupun nama saya memang terdengar gagah dan macho, saya merasa masih kurang gagah apabila belom mengetahui arti nama saya.

Kemudian saya bertanya kepada Ibunda saya tercinta, apa arti dari nama saya….

Saya : ” Mah, Rajasa Herpatria artinya apa sih ? “.

Nyokap : “Hmmm, kalo gak salah berhubungan dengan Raja, ya intinya hebat kayak seorang Raja..”.

Mendengar jawaban tersebut saya hanya mengangguk dan menjawab “Oooooh gitu toh mah, keren juga ya”, padahal saya tahu, jawaban itu hanyalah improvisasi seorang ibu yang tidak ingin mengecewakan hati anaknya karena melupakan nama yang ia ciptakan sendiri 20 tahun yang lalu.

Kemudian bertanyalah saya kepada satu-satunya orang yang berkapabilitas untuk menjawab. Orang itu adalah bokap alias Bapak saya.

Saya : ” Pah, Rajasa Herpatria artinya apa sih ?”.

Bokap : ” Rajasa Herpatria tuh artinya banteng yang perkasa”.

Mendengar jawaban yang lebih aneh lagi ini membuat saya tertawa geli di dalam hati.

HA HA HA HA… mendingan jawaban nyokap gw lebih masuk akal, masa gw disama-samain sama binatang, walaupun binatangnya keren dan perkasa, ya tetep aja nggak bangetlaaaah.

Setelah itu saya mencoba hal terakhir yang bisa saya coba, yaitu bertanya kepada bapak Google yang terhormat.

Typing…… Arti Rajasa Herpatria : No Result

Typing…… Definition Name Rajasa Herpatria : No Result

Typing…… Typing…… Typing……. Dan tak kunjung kudapatkan arti dari nama ku…

Akhirnya saya memutuskan untuk membiarkan arti dari nama saya menjadi misteri……

Karena saya akhirnya sadar, tidak pentinglah arti dari sebuah nama, yang penting adalah bagaimana kita menggunakan nama tersebut, apakah kita menggunakannya dalam berbuat baik, atau menggunakannya sebagai nama yang dianggap kurang baik bagi orang-orang.

– END –

Radiooooooooo !

10 Oct

Radio ditemukan oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1900an, Guglielmo Marconi adalah ilmuwan yang berasal dari Italia, dan dia telah berhasil menemukan sesuatu yang inovatif, dan fresh.

Menurut saya Radio adalah suatu penemuan yang sangat berguna. Karena dengan radio, berita pertama kalinya dapat tersebar secara cepat. Radio juga membantu para pejuang perang di dunia, begitu juga di Indonesia, kita harus ingat bahwa dengan radiolah, proklamasi RI dapat disebarkan secara langsung.

Guglielmo Marconi

Dengan Radio pula, kita dapat mendengarkan musik. Bayangkan jika tidak ada radio di dunia ini, pasti Televisi danInternet tidak akan ada.

Jadi, walaupun terkesan tidak penting, Radio sebenarnya sangat-sangatlah penting bagi kehidupan kita semua.

 

Colonel Sanders….

10 Oct

Semua orang tahu dirinya…

Semua orang memuja Ayamnya…

Semua orang menykai gayanya…

Dia adalah……..

The Mighty Colonel Sanders

YAK, dia adalah Colonel Sanders, Penemu KFC. Kalian semua pasti suka dengan KFC kan…

Diluar fakta bahwa KFC disebut sebagai makanan Junk Food, KFC memiliki Ayam yang sungguh nikmat dan lezaaaat, dan ayam KFC cepat sekali dihidangkannya, alias Fast Food !

Menurut saya Colonel Sanders adalah seorang yang sangat innovatif, karena berhasil membuat ayam yang enaaknya luar biasa. Dia berinovasi dalam menciptakan teknik penggorengan cepat yang membuat ayam lebih cepat dihidangkan.

Kita sebagai warga Indonesia khususnya anak muda, harus lebih kreatif dlm berinovasi, agar negara kita terus maju. Hanya dengan inovasi, suatu negara dapat maju, karena inovasi berarti sesuatu yang baru, dan belom ada, sehingga valuenya akan lebih tinggi.

Ayolah kita sama-sama berkreatifitas dan berinovasi agar kita bisa membuat negara ini terus maju !!!

Negara TerInnovative ?

10 Oct

Di dunia ini ada banyak negara. Berdasarkan browsing di internet, katanya sih ada lebih dr 240 negara yang ada di dunia, dan Indonesia merupakan salah satu negara yang ada di dunia, tetapi kali ini saya tidak akan membahas Indonesia, karena pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas negara yang paling innovative di dunia, dan untuk hal itu Indonesia mungkin berada di urutan menengah kebawah. Menurut saya, negara yang paling innovative di dunia adalah Singapore. Dan ternyata setelah saya browsing di Google, banyak sekali yang berpendapat sama seperti saya.

Singapore adalah negara yang sangat briliant. Saya tidak akan mengatakan Singapore merupakan negara yang kaya akan kekayaan alam, malah sebaliknya. Tetapi justru itulah mengapa saya berpendapat Singapore merupakan negara terinovatif.

Singapore...... So Innovative !

Singapore sebagai negara tidak berukuran besar, atau justru sangat kecil. Dan dari kekayaan alam pun Singapore sangat miskin. Singapore juga bukan negara yang mempunyai kebudayaan kuat, kebudayaan yang ada disana kebanyakan berbasis dari China,India, atau Melayu, karena Singapore adalah negara yang multikultural.

Namun dari banyaknya kekurangan yang negara ini miliki, mereka punya kekreatifan untuk berinovasi, mencoba hal-hal yang dapat memajukan negara mereka, dan menurut saya mereka cukup berhasil dalam berinovasi. Orang Indonesia pun banyak yang berlibur ke Singapore, dan tak bosan-bosannya. Ini terjadi karena Singapore selalu berinovasi dalam segala bidang, termasuk pariwisata. Singapore membuat inovasi-inovasi yang tak kunjung berhenti agar negaranya ramai akan wisatawan dan pertumbuhan ekonominya bertambah. Bravo Singapore !!!

Hello world!

10 Oct

Welcome to WordPress.com. After you read this, you should delete and write your own post, with a new title above. Or hit Add New on the left (of the admin dashboard) to start a fresh post.

Here are some suggestions for your first post.

  1. You can find new ideas for what to blog about by reading the Daily Post.
  2. Add PressThis to your browser. It creates a new blog post for you about any interesting  page you read on the web.
  3. Make some changes to this page, and then hit preview on the right. You can always preview any post or edit it before you share it to the world.