Mahasiswa Yang Kreatif ?

11 Oct

Mahasiswa adalah tahap dimana kita sebagai remaja dapat mengembangkan kreatifitas kita. Hal ini disebabkan oleh pada saat remaja sel-sel otak berkembang sangat cepat dan banyak. Di tahap ini juga kita mulai menjadi seorang yang dewasa. Hal-hal yang dilakukan oleh mahasiswa tidak lagi seperti anak SMA, namun pada jaman sekarang, cukup banyak orang yang kurang bersikap dewasa, khususnya di Indonesia, bukannya mementingkan kreatifitas dan inovasi, para mahasiswa Indonesia kebanyakan hanya membuat kerusuhan saja. Berarti ada yang salah dengan sistem pendidikan di Indonesia, seorang Remaja atau Mahasiswa di Indonesia harusnya sudah bisa berkreatifitas lebih dan berinovasi sehingga negara Indonesia dapat terus maju.

Banyak cara berkreatifitas dan berinovasi sebagai mahasiswa. Salah satunya adalah dengan mencoba berbisnis, membuat sesuatu yang baru dan inovatif, sehingga dapat dijual. Apalagi dengan adanya Internet yang sangat membantu penyebaran informasi, sehingga para Mahasiswa dapat lebih berkreatifitas dan berinovasi.

Banyak sekali hal yang menghambat kreatifitas para Mahasiswa, menurut saya hal utama yang menghambat adalah kemalasan. Malas telah menjadi budaya bagi Mahasiswa Indonesia. Kebanyakan dari mereka malas untuk belajar, dan hal inilah yang menghambat kekreatifitasan dan keinginan berinovasi mereka. Kebanyakan dari mereka memilih untuk hidup statis, tanpa ada perubahan ataupun peningkatan hidup. Padahal untuk dapat menjadi Mahasiswa yang kreatif dan inovatif, kita harys memulainya dengan niat yang kuat untuk mau belajar keras, sehingga kita mendapatkan ilmu yang banyak juga. Dengan bekal Ilmu tersebutlah baru kita bisa mengembangkan kemampuan berkreatif dan berinovatif kita. Dengan bekal ilmu, kita mendapatkan informasi-informasi yang kita butuhkan dalam berkarya.

Untuk mengatasi hal tersebut, yaitu “kemalasan”, kita harus mulai bergerak dan berniat, untuk tidak lagi bermalas-malasan. Dan mulai mencari informasi dalam rangka mengasah kemampuan kita berkarya. Kita harus banyak belajar dari orang yang lebih dulu sukes berkreasi. Menurut saya, di negara Indonesia harus lebih banyak pembenahan dalam peristiwa pembelajaran. Ilmu kretifitas harus ditanamkan sejak dini, harusnya sekolah-sekolah dasar di Indonesia sudah menerapkan sistem pembelajaran yang vokal dan praktis, Sehingga saat mereka sudah mahasiswa, mereka telah terbiasa berkreatifitas, karena telah ditanamkan sejak dini. Sebenarnya tidak salah juga apabila kita mengimitasi sistem pembelajaran di barat yang lebih mementingkan soft skill daripada hard skill, kita harus dapat mengimitasinya agar dapat berinovasi menciptakan sistem pembelajaran yang seimbang antara hard skill dengan soft skill, karena para orang Indonesia hanya terbiasa dengan hard skill, sehingga kurang baik disaat diajak berkomunikasi, dan berkreasi.

Maka dari itu, kreatifitas dan sikap untuk berinovasi, hanya dapat ditumbuhkan dengan sikap rajin dan niat, untuk belajar dan menyaring semua informasi, sehingga dapat menggenerasikan pemikiran-pemikiran yang inovatif dan kreatif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: